Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
KOMUNIKASI ORGANISASI
Organisasi adalah sarana dimana manajemen mengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur formal dari tugas-tugas dan wewenang. Jadi Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
gambar struktur organisasi formal :
KOMUNIKASI ORGANISASI
Organisasi adalah sarana dimana manajemen mengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur formal dari tugas-tugas dan wewenang. Jadi Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
gambar struktur organisasi formal :
MODEL KOMUNIKASI ORGANISASI
* Komunikasi vertikal
komunikasi vertikal terjadi antara atasan dan bawahan secara timbal balik atau two way traffic communication.
* komunikasi horizontal
komunikasi horizontal terjadi antara staff dengan staf. komunikasi ini dapat berlangsung dengan suasana relaks, karena berlangsung secara tidak formal.
* komunikasi diagonal
komunikasi menyilang ini terjadi antara pimpinan bagian dengan bawahan bagian lain.
komunikasi vertikal terjadi antara atasan dan bawahan secara timbal balik atau two way traffic communication.
* komunikasi horizontal
komunikasi horizontal terjadi antara staff dengan staf. komunikasi ini dapat berlangsung dengan suasana relaks, karena berlangsung secara tidak formal.
* komunikasi diagonal
komunikasi menyilang ini terjadi antara pimpinan bagian dengan bawahan bagian lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar