Welcome to my Blog!

Sabtu, 09 April 2011

Manusia dan Komputer

Manusia adalah makhluk yang paling cerdas yang diciptakan Tuhan, yang mempunyai akal dan fikiran dibandingkan makhluk lain. Kelebihan inilah yang bisa menghasilkan ide - ide untuk merubah segala jenis benda menjadi barang terpakai. Salah satu contoh ide hasil penemuan manusia adalah Komputer.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Pada prinsipnya komputer berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah melakukan sesuatu ataupun berkomunikasi. Namun dari segala efek positif yang diterima oleh manusia terdapat pula berbagai efek negatif, baik secara fisik dan mental.
Berikut ini adalah dampak negatif terhadap kesehatan dan psikologis manusia, diantaranya :
1. Radiasi 
Sejumlah penelitian yang dilakuan menunjukkan radiasi komputer berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Misalnya meningkatkan risiko terkena tumor telinga dan kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, merusak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.

2. Computer Anxiety
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkan yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. 

3. Adiksi terhadap internet
Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya.

4. Radiasi Monitor
Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.

5. Terganggunya Syaraf
Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
 

6. Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
biasanya terjadi karena cara duduk yang salah. 

7. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.

Manusia  dan komputer adalah sebuah ciptaan yang luar biasa. Manusia dan komputer memiliki beberapa perbedaan dan persamaan. Perbedaan yang terlihat sangat jelas adalah masalah konsistensi.  Manusia sebagai mahkluk organik sering tidak konsisten, dalam beberapa proses kegiatan manusia seringkali terjadi kesalahan  atau melupakan sesuatu. Sedangkan  komputer (saya yakin anda juga sudah tahu), sangat konsisten karena punya data base, tabel, metoda terstruktur untuk menyimpan/menginterpretasikan/mengambil data, dengan input yang sama akan menghasilkan output yang sama karena hubungan spesifik sudah ditentukan terlebih dahulu. Kemudian perbedaan dari masalah memori. Manusia mempunyai kemampuan untuk belajar dari sesuatu yang kemudian disimpan dalam memori sebagai pengalaman dan pengetahuannya. Sedangkan komputer hanya dapat menyimpan memori dari setiap proses yang diinput oleh manusia yang akhirnya digunakan untuk proses lainnya.

Persamaan dari manusia dan komputer adalah dari setiap bagian yang digunakan hampir mempunyai fungsi yang sama. Yang pertama adalah otak dan processor ,Otak adalah bagian utama penggerak manusia. Processor adalah bagian utama penggerak komputer. Lalu ada jantung dan power supply. keduanya sama - sama memompa tenaga untuk menggerakan proses. Paru - paru seperti layaknya RAM yang berfungsi mengatur stamina dan kecepatan. Cerebrum pada otak manusia dan Harddisk sebagai tempat penyimpanan memori. dan masih banyak contoh persamaan dari manusia dan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar