Welcome to my Blog!

Senin, 09 Mei 2011

Laporan Kegiatan

Seminar IP TV 
GUNADARMA - TELKOM

I. Pendahuluan 
  • Latar Belakang 
Perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia luar dengan waktu yang sangat cepat. Begitu juga dengan perkembangan visual manusia yang ingin mendapatkan  hasil terbaik dari karya ciptanya. IP-TV adalah sebuah penggabungan antara perkembangan teknologi dengan perkembangan visual manusia yang bertujuan untuk mempermudah dan mempermurah pertukaran informasi satu arah. Sistem IP yang menyediakan metode universal konektifitas dua arah, membuat IPTV bisa menyediakan konten lebih interaktif. Oleh sebab itu, IPTV dinilai bisa sebagai sarana siaran masa depan.
  • Dasar Hukum 
Keberadaan teknologi Internet Protocol Television atau IPTV diyakini bakal menggeser dan menjadi pesaing baru dalam bisnis televisi berlangganan, khususnya televisi kabel atau satelit. Akan tetapi, untuk sementara konsumen IPTV ini masih terbatas kalangan menengah atas. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Cisco Systems Indonesia Tony Seno Hartono, TV kabel berlanggan akan mendapat pesaing baru dari pengembangan teknologi berbasis internet yang bisa mengirimkan data berbentuk video. Terlebih lagi, teknologi itu memanfaatkan jaringan kebel telepon yang sudah banyak tersambung di rumah-rumah konsumen. Akibatnya, operator tidak perlu lagi membuat jaringan baru yang memakan biaya besar. 
II. Pelaksanaan Kegiatan
  • Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan kegiatan seminar mengenai IPTV pada hari Sabtu tanggal 09 April 2011pada jam  08.00 s/d 13.00 WIB. Bertempat di Kampus J160 Universitas Gunadarma.
  • Peserta Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan dengan pembicara seminar Bapak Pramasaleh (Asisten Vice President PT Telkom), Panitia kegiatan seminar adalah BEM Filkom Universitas Gunadarma dan dengan peserta mahasiswa Universitas Gunadarma fakultas Ilmu Komputer.
  • Hasil Kegiatan
Peserta lebih mengenal tentang IPTV yang sedang berkembang di Indonesia serta mendapat gambaran bagaimana IPTV bekerja dibandingkan dengan TV kabel atau TV berlangganan yang sudah populer di Indonesia. Acara diadakan dengan penyampaian materi pada awal seminar dan diakhiri dengan games dan pembagian souvenir bagi pemenang games. Kegiatan yang dilakukan ini bekerjasama dengan PT>TELKOM Indonesia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar